tetekon

Ngaji Diri, Ngaji Rasa; Jadi Diri Nu Sajati

Silabus Basa Sunda Kelas 10 (Maca) Juli 19, 2008

Filed under: Maca,Membaca — tatapakan @ 12:00 pm
Tags: ,

3. Membaca (maca)

10.3 Standar Kompetensi:

Mampu membaca, memahami, dan menanggapi berbagai wacana tulis yang berupa sejarah lokal/babad, puisi, novel, dan berita surat kabar/majalah/media elektronik.

KOMPETENSI DASAR

INDIKATOR

LINGKUP MATERI

PENGALAMAN

BELAJAR

JENIS PENILAIAN

1

2

3

4

5

10.3.1 Membaca

sejarah

lokal/cerita

babad

  • Dapat memahami isi wacana atau cerita.
  • Dapat memahami kedu-dukan dan peranan tokoh.
  • Dapat memahami hubungan kausalitas antara peristiwa kesejarahan.
  • Dapat memahami pertautan antar tokoh, peristiwa dengan wilayah setempat.
  • Dapat menyimpulkan isi teks (peristiwa sejarah).
  • Dapat menanggapi aspek-aspek sejarah lokal/babad.
– Paparan

sejarah

Sunda/cerita

Babad

  • Murid memahami isi wacana atau cerita.
  • Murid memahami kedudukan dan peranan tokoh.
  • Murid memahami hubungan kausalitas antara peristiwa kesejarahan.
  • Murid memahami pertautan antara tokoh, peristiwa dengan wilayah setempat.
  • Murid menyimpulkan isi teks (peristiwa sejarah).
  • Murid menanggapi aspek- aspek sejarah lokal/babad.
Ulangan

harian

– Pertanyaan

lisan/tulis

KOMPETENSI DASAR

INDIKATOR

LINGKUP MATERI

PENGALAMAN

BELAJAR

JENIS PENILAIAN

1

2

3

4

5

10.3.2 Membaca puisi
  • Dapat membaca sajak dengan lafal, tekanan, intonasi, dan penjiwaan isi yang tepat.
  • Dapat membaca sajak dengan penampilan dan improvisasi yang baik.
  • Dapat menerangkan teknik pembacaannya.
  • Dapat memperbaiki pembacaan sajak.
Sajak
  • Murid membaca sajak dengan lafal, tekanan, intonasi, dan penjiwaan isi yang tepat.
  • Murid membaca sajak dengan penampilan dan improvisasi yang baik.
  • Murid menerangkan teknik pembacaannya.
  • Murid memperbaiki pembacaan sajak.
Ulangan harian

– Pertanyaan

lisan/tulis

  • Dapat mengelompokkan puisi berdasarkan tema.
  • Dapat menganalisis gaya pengarang dalam mengungkap-kan sajak.
  • Dapat menanggapi berbagai unsur sajak.
Buku kumpulan

Sajak

  • Murid mengelompokkan puisi berdasarkan tema.
  • Murid menganalisis gaya pengarang dalam mengungkapkan sajak.
  • Murid menanggapi berbagai unsur sajak.
Ulangan harian

– Pertanyaan

lisan/tulis

10.3.3 Membaca

cerita pendek (carita pondok)

  • Dapat mengidentifikasi ciri-ciri cerita.
  • Dapat memahami isi cerita.
  • Dapat menceritakan ringkasan cerita.
  • Dapat menyimpulkan tema dan amanat cerita.
  • Dapat mengemukakan latar dan penokohan dalam cerita.
  • Dapat menanggapi segi-segi isi dan bahasa cerita.
  • Dapat mengaitkan isi cerita dengan kehidupan sehari-hari.
Carita pondok
  • Murid mengidentifikasi ciri-ciri cerita.
  • Murid memahami isi cerita.
  • Murid menceritakan ringkasan cerita.
  • Murid menyimpulkan tema dan amanat cerita.
  • Murid mengemukakan latar dan penokohan dalam cerita.
  • Murid menanggapi segi-segi isi dan bahasa cerita.
  • Murid mengaitkan isi cerita dengan kehidupan sehari-hari
Ulangan harian

– Pertanyaan

lisan/tulis

 

6 Responses to “Silabus Basa Sunda Kelas 10 (Maca)”

  1. dede Says:

    haha..teu rame pzunn

  2. tatapakan Says:

    hoyong rame mah di pasar hi…hi…hi…

  3. Sarip Hidayat Says:

    Abdi nyuhunkeun silabus sareng rpp bahasa sunda ti kawit kelas 7 sampai kelas 9 smp, teras kelas 10 sampai kelas 12 sma. hatur nuhun sateuacanna. upami tiasa kirim ka alamat email
    sarip_tayadih@yahoo.co.id


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s