tetekon

Ngaji Diri, Ngaji Rasa; Jadi Diri Nu Sajati

Silabus Basa Sunda Kelas 11 (Nyarita) Juli 19, 2008

Filed under: Berbicara,Nyarita — tatapakan @ 8:35 pm
Tags: ,

2. Berbicara (nyarita)
11.2 Standar Kompetensi

Mampu mengungkapkan pikiran, perasaan, dan keinginan secara lisan dalam rapat, dongeng, berita, wawancara, dan drama.

KOMPETENSI DASAR

INDIKATOR

LINGKUP MATERI

PENGALAMAN

BELAJAR

JENIS PENILAIAN

1

2

3

4

5

11.2.1 Memimpin acara rapat
  • Dapt mencatat materi yang akan dirapatkan.
  • Dapat membuka acara rapat.
  • Dapat menyampaikan materi yang akan diinfor- masikan.
  • Dapat menjelaskan setiap materi dengan memper-hatikan penggunaan lafal, intonasi, nada yang jelas.
  • Dapat menampung berbagai pertanyaan.
  • Dapat menjawab setiap pertanyaan dengan jelas.
  • Dapat menanggapi saran atau pendapat peserta rapat dengan tertib dan santun.
  • Dapat menyimpulkan hasil rapat.
Kegiatan rapat
  • Murid mencatat materi yang akan dirapatkan.
  • Murid membuka acara rapat.
  • Murid menyampaikan materi yang akan diinformasikan.
  • Murid menjelaskan setiap materi dengan memper-hatikan penggunaan lafal, intonasi, nada yang jelas.
  • Murid menampung berbagai pertanyaan.
  • Murid menjawab setiap pertanyaan dengan jelas.
  • Murid menanggapi saran atau pendapat peserta rapat dengan tertib dan santun.
  • Murid menyimpulkan hasil rapat.
– Responsi

– Pertanyaan

lisan

– Ulangan

harian

11.2.2 Bercerita

(Ngadongeng)

  • Dapat mencari dongeng-dongeng yang menarik untuk diceritakan.
  • Dapat membaca dan memahami dongeng yang akan disampaikan.
  • Dapat memahami dan menghayati isi dongeng.
  • Dapat memperhatikan penggunaan lafal, intonasi, nada/tekanan, mimik, gerak-gerik yang tepat sesuai dengan karakter tokoh dalam dongeng.
Dongeng
  • Murid mencari dongeng-dongeng yang menarik untuk diceritakan.
  • Murid membaca dan memahami dongeng yang akan disampaikan.
  • Murid memahami dan menghayati isi dongeng.
  • Murid memperhatikan penggunaan lafal, intonasi, nada/tekanan, mimik, gerak-gerik yang tepat sesuai dengan karakter tokoh dalam dongeng.
– Responsi

– Pertanyaan

lisan

– Ulangan

harian

KOMPETENSI DASAR

INDIKATOR

LINGKUP MATERI

PENGALAMAN

BELAJAR

JENIS PENILAIAN

1

2

3

4

5

11.2.3 Menyampai-

kan pengu-

muman

(bewara)

atau pesan

(talatah)

  • Dapat menentukan topik-topik yang akan dijadikan bahan pengumuman/pesan.
  • Dapat menyusun bahan pengumuman/pesan dengan bahasa yang baik dan santun.
  • Dapat menyampaikan pengumuman/pesan dengan memperhatikan lafal, intonasi, nada/ tekanan yang tepat.
– Pesan/

Pengumuman

  • Murid menentukan topik-topik yang akan dijadikan bahan pengumuman/pesan.
  • Murid menyusun bahan pengumuman/pesan dengan bahasa yang baik dan santun.
  • Murid menyampaikan pengumuman/pesan dengan memperhatikan lafal, intonasi, nada/ tekanan yang tepat.
– Responsi

– Pertanyaan

lisan

– Ulangan

harian

11.2.4 Mewawan-

carai tokoh

  • Dapat mencatat hal-hal pokok yang akan ditanya-kan dalam wawancara.
  • Dapat menyampaikan pertanya-an berdasarkan daftar yang telah disusun dengan bahasa yang santun.
  • Dapat mencatat informasi yang diperoleh dari hasil wawancara kepada teman dan guru.
Wawancara

dengan tokoh budaya Sunda

  • Murid mencatat hal-hal pokok yang akan ditanya-kan dalam wawancara.
  • Murid menyampaikan pertanyaan berdasarkan daftar yang telah disusun dengan bahasa yang santun.
  • Murid mencatat informasi yang diperoleh dari hasil wawancara kepada teman dan guru.
– Responsi

– Pertanyaan

lisan

– Ulangan

harian

11.2.5 Bermain

peran

(Ngaragakeun)

  • Dapat membaca dan memahami teks drama yang akan diperankan.
  • Dapat menghayati watak tokoh yang akan diperankan.
  • Dapat memperagakan tokoh dengan memperha-tikan penggunaan lafal, mimik, gerak-gerik yang tepat sesuai dengan watak tokoh cerita.
  • Dapat memberikan komentar terhadap bahasa maupun ekspresi yang diungkapkan teman.
Drama
  • Murid membaca dan memahami teks drama yang akan diperankan.
  • Murid menghayati watak tokoh yang diperankan.
  • Murid memperagakan tokoh dengan memperha-tikan penggunaan lafal, mimik, gerak-gerik yang tepat sesuai dengan watak tokoh cerita.
  • Murid mengomentari bahasa maupun ekspresi yang diungkapkan teman.
– Responsi

– Pertanyaan

lisan

– Ulangan

harian

 

5 Responses to “Silabus Basa Sunda Kelas 11 (Nyarita)”

  1. ghintiung Says:

    cerita dongeng sangkuriang dalam bahasa sunda

  2. ghintiung Says:

    sangkuriang kaberangan

  3. Niezya Says:

    Bkin dongeng2 b.snda gt dnk??mslny kabayan,situ bagendit,tangkuban parahu. .

  4. sapa Says:

    iya…saya buat tugas


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s