KOMPETENSI DASAR
|
INDIKATOR
|
LINGKUP MATERI
|
PENGALAMAN
BELAJAR
|
JENIS PENILAIAN
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
11.2.1 Memimpin acara rapat |
- Dapt mencatat materi yang akan dirapatkan.
- Dapat membuka acara rapat.
- Dapat menyampaikan materi yang akan diinfor- masikan.
- Dapat menjelaskan setiap materi dengan memper-hatikan penggunaan lafal, intonasi, nada yang jelas.
- Dapat menampung berbagai pertanyaan.
- Dapat menjawab setiap pertanyaan dengan jelas.
- Dapat menanggapi saran atau pendapat peserta rapat dengan tertib dan santun.
- Dapat menyimpulkan hasil rapat.
|
Kegiatan rapat |
- Murid mencatat materi yang akan dirapatkan.
- Murid membuka acara rapat.
- Murid menyampaikan materi yang akan diinformasikan.
- Murid menjelaskan setiap materi dengan memper-hatikan penggunaan lafal, intonasi, nada yang jelas.
- Murid menampung berbagai pertanyaan.
- Murid menjawab setiap pertanyaan dengan jelas.
- Murid menanggapi saran atau pendapat peserta rapat dengan tertib dan santun.
- Murid menyimpulkan hasil rapat.
|
– Responsi
– Pertanyaan
lisan
– Ulangan
harian
|
11.2.2 Bercerita
(Ngadongeng) |
- Dapat mencari dongeng-dongeng yang menarik untuk diceritakan.
- Dapat membaca dan memahami dongeng yang akan disampaikan.
- Dapat memahami dan menghayati isi dongeng.
- Dapat memperhatikan penggunaan lafal, intonasi, nada/tekanan, mimik, gerak-gerik yang tepat sesuai dengan karakter tokoh dalam dongeng.
|
Dongeng |
- Murid mencari dongeng-dongeng yang menarik untuk diceritakan.
- Murid membaca dan memahami dongeng yang akan disampaikan.
- Murid memahami dan menghayati isi dongeng.
- Murid memperhatikan penggunaan lafal, intonasi, nada/tekanan, mimik, gerak-gerik yang tepat sesuai dengan karakter tokoh dalam dongeng.
|
– Responsi
– Pertanyaan
lisan
– Ulangan
harian
|
KOMPETENSI DASAR
|
INDIKATOR
|
LINGKUP MATERI
|
PENGALAMAN
BELAJAR
|
JENIS PENILAIAN
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
11.2.3 Menyampai-
kan pengu-
muman
(bewara)
atau pesan
(talatah) |
- Dapat menentukan topik-topik yang akan dijadikan bahan pengumuman/pesan.
- Dapat menyusun bahan pengumuman/pesan dengan bahasa yang baik dan santun.
- Dapat menyampaikan pengumuman/pesan dengan memperhatikan lafal, intonasi, nada/ tekanan yang tepat.
|
– Pesan/
Pengumuman |
- Murid menentukan topik-topik yang akan dijadikan bahan pengumuman/pesan.
- Murid menyusun bahan pengumuman/pesan dengan bahasa yang baik dan santun.
- Murid menyampaikan pengumuman/pesan dengan memperhatikan lafal, intonasi, nada/ tekanan yang tepat.
|
– Responsi
– Pertanyaan
lisan
– Ulangan
harian
|
11.2.4 Mewawan-
carai tokoh |
- Dapat mencatat hal-hal pokok yang akan ditanya-kan dalam wawancara.
- Dapat menyampaikan pertanya-an berdasarkan daftar yang telah disusun dengan bahasa yang santun.
- Dapat mencatat informasi yang diperoleh dari hasil wawancara kepada teman dan guru.
|
Wawancara
dengan tokoh budaya Sunda |
- Murid mencatat hal-hal pokok yang akan ditanya-kan dalam wawancara.
- Murid menyampaikan pertanyaan berdasarkan daftar yang telah disusun dengan bahasa yang santun.
- Murid mencatat informasi yang diperoleh dari hasil wawancara kepada teman dan guru.
|
– Responsi
– Pertanyaan
lisan
– Ulangan
harian
|
11.2.5 Bermain
peran
(Ngaragakeun) |
- Dapat membaca dan memahami teks drama yang akan diperankan.
- Dapat menghayati watak tokoh yang akan diperankan.
- Dapat memperagakan tokoh dengan memperha-tikan penggunaan lafal, mimik, gerak-gerik yang tepat sesuai dengan watak tokoh cerita.
- Dapat memberikan komentar terhadap bahasa maupun ekspresi yang diungkapkan teman.
|
Drama |
- Murid membaca dan memahami teks drama yang akan diperankan.
- Murid menghayati watak tokoh yang diperankan.
- Murid memperagakan tokoh dengan memperha-tikan penggunaan lafal, mimik, gerak-gerik yang tepat sesuai dengan watak tokoh cerita.
- Murid mengomentari bahasa maupun ekspresi yang diungkapkan teman.
|
– Responsi
– Pertanyaan
lisan
– Ulangan
harian
|
cerita dongeng sangkuriang dalam bahasa sunda
sangkuriang kaberangan
Bkin dongeng2 b.snda gt dnk??mslny kabayan,situ bagendit,tangkuban parahu. .
occceeehhh…. suka? atau untuk tugas?
iya…saya buat tugas